ROUNDTABLE BATCH 2 ANTARA PASCASARJANA UNY DAN MÜNSTER UNIVERSITY MENGUSUNG TEMA DIVERSITY IN TEACHING AND TEACHING DIVERSITY

.

Rountable discussion yang di laksanakan di Ruang teater Gedung Sugeng Mardiyono adalah Rangkaian acara Summer Camp yang dilangsungkan sejak tanggal 3 oktober 2022 yang kemudian di lanjutkan dengan acara Roundtable Discussion di Gedung Pascasarjana UNY di Yogyakarta (12/10). Kegiatan ini mengundang beberapa pembicara seperti Prof. Dr. Juliane Stude dan Kordula Stude sebagai perwakilan dari Münster University, Jerman. Dr. Murti Bunanta penulis buku literasi sastra, Nuraini Fatmawati sebagai illustrator buku literasi anak-anak dan Dr. Widyastuti Purbani sebagai perwakilan dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Dibuka oleh Prof. Juliane stude dan Kordula Schulze, dengan tema pengenalan misi program summer camp dan urgensi dari pengajaran keberagaman, dalam kesempatan yang di berikan keduanya menceritakan sejak tahun 2019 banyak sekali perubahan aspek budaya yang terjadi dan semakin beragam, sehingga negara Jerman mencari cara yang tepat untuk membuka pemahaman tentang keberagaman di seluruh dunia melalui DAAD (Deutscher Akademischer Austausch-dienst-DAAD). Selaku sponsor kegiatan summer camp DAAD mengharapkan pertukaran akademik dan budaya antara institusi pendidikan tinggi Jerman dan Universitas Negeri Yogyakarta. Persiapan materi dilaksanakan di desa Segajih, Fokus kegiatan pada membangun pemahaman tentang pentingnya dan urgensi keragaman; Peserta dilibatkan dalam diskusi dan kegiatan konstruktif yang dibimbing oleh dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Münster, kerja kolaboratif dalam tim untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang topik keberagaman, tantangan serta cara yang memungkinkan untuk memperkenalkannya ke sekolah. Selanjutnya menerapkan hasil yang sudah di rancang selama intensive camp di beberapa sekolah seperti SMP Tumbuh, SMA Kolese De Britto, SD Muhammadiyah Sapen, SMA Negeri 3 Yogyakarta, dan Sekolah Marjinal. Kordula juga membawa contoh-contoh buku yang dipergunakan di Jerman sebagai referensi untuk buku literatur.

Selanjutnya acara di lanjutkan dengan materi promosi keberagaman melalui literatur di Indonesia oleh Dr. Murti Munanta dengan menampilkan beberapa karya tulis seperti buku anak-anak dan koran yang mempromosikan tradisi dan budaya Indonesia. Setelah itu, acara dilanjutkan oleh beberapa kriteria yang baik dalam menggambar ilustrasi agar gambar yang dihasilkan tidak bias, dan bagaimana gambar dalam ilustrasi tersebut dapat membuat anak-anak menyukai buku oleh Nuraini Fatmawati dan di tutup dengan penyampaian materi oleh ibu Dr. Widyastuti Purbani tentang CCLLE (Center for Children's Literature and Literacy Education) Universitas Negeri Yogyakarta.